Hal-Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan Agar Dapat Bansos

- 15 Februari 2021, 11:00 WIB
Hal-hal yang harus dan jangan dilakukan agar dapat bansos
Hal-hal yang harus dan jangan dilakukan agar dapat bansos /ANTARA/Sigid Kurniawan

MANTRA PANDEGLANG - Ada hal-hal yang harus dilakukan agar dapat bantuan sosial (bansos). Tahun 2021 ini pemerintah telah meluncurkan sejumlah bansos untuk membantu meringankan beban ekonomi selama pandemi.

Bansos akan diberikan kepada masyarakat yang memenuhi kriteria tertentu. Salah satunya terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Agar dapat bansos masyarakat perlu mendaftarkan diri agar data keluarganya termuat dalam DTKS. Hal tersebut karena program pemberdayaan dan bantuan sosial harus mengacu pada data terpadu, seperti yang tercantum dalam UU No. 13 Tahun 2011.

Baca Juga: Cek Penerima Bansos Sekarang! Rp300 Ribu Cair Bulan Ini

Baca Juga: Bansos Rp200 Ribu Diberikan Setahun Penuh untuk Beli Sembako

Pada Januari 2021 yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan bansos, diantaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/ Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Bantuan Sosial Tunai (BST).

Selain itu, ada juga BLT Desa, subsidi listrik, dan KIP Kuliah yang disalurkan pada tahun 2021.

Masyarakat yang terdaftar dalam DTKS bisa diusulkan untuk mendapat bantuan. Anda dapat cek terlebih dahulu apakah keluarga Anda terdaftar dalam DTKS.

Baca Juga: Hanya dengan HP Daftar Kuliah Gratis dan Dapat Uang Saku per Bulan

Halaman:

Editor: Yuliana Kristianti


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x