Hasil Uji Klinis Efikasi Vaksin Sinovac di 3 Negara, Indonesia Terendah?

- 14 Januari 2021, 11:00 WIB
Hasil Uji Klinis Efikasi Vaksin Sinovac di 3 Negara, Indonesia Terendah? /Andi Syahidan

MANTRA PANDEGLANG – Uji klinis efikasi vaksin buatan Sinovac telah dilakukan di beberapa negara. Sebelum mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat, Badan POM RI sudah melakukan fase uji klinis efikasi vaksin tersebut.

Vaksin buatan Sinovac adalah vaksin yang digunakan di Indonesia untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Pada tanggal 11 Januari 2021 yang lalu MUI mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Sinovac suci dan halal. Dengan demikian, pemerintah dan masyarakat semakin yakin untuk melakukan vaksinasi.

Di Indonesia vaksin Sinovac sudah melalui uji pra klinik pada hewan, uji klinik fase 1 pada manusia sampai dinyatakan aman, serta uji klinik fase 2 dan 3. BPOM resmi mengeluarkan EUA dengan mempertimbangkan imunogenisitas, keamanan, dan efikasi.

Baca Juga: Pemberian Bansos Berdasar DTKS, Risma Minta Pembaruan Data

Baca Juga: Jadwal Acara Hari Ini di Trans TV Kamis 14 Januari 2021 Ada Bikin Laper dan Keluarga Bosque

Efikasi vaksin adalah besarnya kemampuan vaksin untuk mencegah penyakit dan menekan penularan pada individu di kondisi ideal dan terkontrol dengan melihat hasil uji klinis vaksin di laboratorium yang dilakukan kepada populasi dalam jumlah terbatas.

Dikutip mantrapandeglang.com dari Instagram resmi @kemenkominfo Rabu, 13 Januari 2021, laporan uji klinis fase 3 efikasi vaksin Sinovac di Turki sebesar 91,25%, di Brasil sebesar 78%, dan di Indonesia sebesar 65,3%.

Hasil tersebut sudah sesuai dengan persyaratan WHO dimana minimal efikasi vaksin adalah 50%.

Hasil uji efikasi di Indonesia menjadi yang terendah di antara Turki dan Brasil karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan nilai efikasi di tiap negara, yaitu:

  • Epidemiologi Covid-19 di suatu negara;
  • Perilaku masyarakat;
  • Tingkat penularan;
  • Karakteristik populasi.

Baca Juga: Jadwal NET TV Hari Ini, Kamis 14 Januari 2021: The Return Of Superman dan One Championship Warrior

Halaman:

Editor: Emis Suhendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X